Pengadaan Jasa Re–Enginering Aplikasi PSR Online V2 dan Integrasi Sistem Terkait BPDPKS Tahun 2024
Lingkup kegiatan dari Pengadaan Jasa re-engineering Aplikasi PSR Online V2 dan Integrasi Sistem Terkait, meliputi:
1. Melakukan analisis proses bisnis PSR, melalui jalur dinas maupun kemitraan;
2. Melakukan Requirement Gathering ke subject matter yang terlibat dalam aplikasi PSR Online;
3. Melakukan perancangan yang mencakup arsitektur dan spesifikasi infrastruktur yang dibutuhkan;
4. Pembangunan aplikasi sesuai dengan standar teknis yang up to date.
Berikut ini lingkup pekerjaan pembangunan sistem aplikasi;
a. Pembangunan atau Pengembangan S istem Aplikasi PSR Online (jalur Dinas dan Jalur Kemitraan).
b. Pembangunan Dashboard untuk monitoring termasuk peta digital berbasis opensource
c. Pembangunan Sistem Middleware untuk proses integrasi antar Sistem Internal (PSR Online, Sarpras Online, Smart PSR) dan Sistem Eksternal.
d. Migrasi data eksisting dari basis data sistem saat ini ke basis data sistem yang baru
5. Pembangunan koneksi sistem (integrasi) menggunakan metode API (Application Programming Interface). Berikut ini lingkup pekerjaan pembangunan integrasi:
a. PSR Online dan Sarpras
b. PSR Online dan Smart PSR
c. Smart PSR dan Sarpras
d. PSR Online dan Pihak ketiga / eksternal
6. Melakukan User Acceptance Test (UAT) dan System Integration Test (SIT) untuk memastikan kualitas aplikasi yang dibangun;
7. Melakukan bimbingan teknis kepada user terkait pengunaan aplikasi;
8. Menyusun laporan pembangunan aplikasi dan modul penggunaan aplikasiOutput kegiatan adalah seluruh dokumentasi pengembangan sisem sebagaimana telah diuraikan atas, yang meliputi:
1. Design Sistem, yang terdiri dari design system tingkat tinggi dan design system rinci dalam bentuk hardcopy dan softcopy;
2. Source code seluruh program aplikasi (kustomisasi diluar lisensi) kondisi terkini (status terakhir) beserta software lainnya (dalam bentuk softcopy) dan daftar program aplikasi (hardcopy dan softcopy).
3. Buku manual aplikasi dari setiap modul/fitur aplikasi (hardcopy maupun softcopy);
4. Laporan Pendahuluan meliputi Laporan ini memuat Project Plan re-engineering Aplikasi PSR Online V2 dan Integrasi Sistem Terkait dengan metode waterfall (hardcopy maupun softcopy);
5. Laporan Teknis memuat hasil pekerjaan sementara, yaitu berupa dokumen desain re-engineering Aplikasi PSR Online V2 dan Integrasi Sistem Terkait, dokumen pengujian (UAT), dan spesifikasi infrastruktur (hardcopy maupun softcopy);
6. Laporan Akhir memuat rangkuman hasil re-engineering Aplikasi PSR Online V2 dan Integrasi Sistem Terkait pada setiap tahapan pekerjaan, user manual, dan laporan hasil penetration test (hardcopy maupun softcopy);
7. Bahan lainnya, seperti slide paparan proses bisnis dan aplikasi (hardcopy dan softcopy